logo
Artikel Flow Meter adalah flow meter adalah

Artikel

Artikel Kami

Disini anda bisa mendapatkan perkembangan, informasi maupun berita-berita baru sekitar flow meter dan flow meter air (meteran air)
Flow Meter adalah

Flow Meter adalah

Apa itu "Flow Meter"?

Flow meter adalah salah satu alat yang dipakai untuk mengetahui aliran material (gas, cair) dalam suatu jalur aliran pada waktu tertentu. Alat ukur ini akan menunjukkan data ukuran berupa angka. Flow meter dapat digunakan sebagai pedoman acuan untuk mengetahui besar kecilnya kebutuhan air atau udara. Hal ini berguna untuk menyesuaikan aliran kebutuhan mesin terhadap aliran udara atau air. Sehingga suatu mesin tidak lagi kekurangan air maupun udara untuk melakukan kinerjanya.

Sekilas tentang Flow Meter
Flow meter dapat digunakan untuk mengukur laju cairan yang mengalir. Jenis fluida yang bisa mengalir dalam alat ini dapat berupa gas, cairan dan solid. Untuk jenis liquid dapat beruapa air, lumpur, DPAM, limbah, air sungai, air laut, kecap, gula, sirup, dan susu. Sementara untuk jenis fluida gas bisa berupa LPG, udara, CNG, LNG, oxygen, nitrogen, dan lain sebagainya.

Apa Fungsi Flow Meter?
Alat ukur flow meter memiliki kegunaan dan peran penting dalam berbagai hal, diantaranya:

1. Membantu menghitung biaya produksi suatu pekerjaan
Alat ukur ini berguna untuk membantu mendapatkan data jumlah pemakaian gas atau air dalam suatu produksi. Dengan mengetahui data tersebut, besar kecilnya fluida dapat dihitung secara pasti, sehingga membantu perusahaan dalam pengontrol konsumsi air dan gas.

2. Membantu dalam pengecekan performa mesin
Flow meter juga banyak digunakan pada perusahaan Manufaktur, dimana alat ini berfungsi untuk mengukur kapasitas dan kinerja pompa, cooling system, serta compressor. Hal ini membantu perusahaan untuk mengetahui kerusakan mesin sejak dini dan membantu mengatasi permasalahan pada mesin. Sehingga perusahaan dapat melakkan berbagai perawatan mesin sebaik-baiknya.

3. Digunakan untuk mengukur cairan pada perusahaan makanan
Pada perusahaan makanan, flow meter digunakan untuk meningkatkan hasil produksi makanan. Alat ini dipakai dengan mengaplikasikan pada batching system untuk mengukur volume cairan dalam proses mixing produksi makanan yang akan dibuat.

4. Berfungsi dalam pengolahan limbah
Alat ukur laju cairan ini juga digunakan dalam proses pengolahan limbah. Flow meter berfungsi mengukur hasil penggunaan bahan kimia seperti koagulan dan flokulan, sehingga dapat dijadikan pedoman menentukan besaran biaya pengolahan limbah tersebut.

5. Digunakan untuk mengontrol cairan
Flow meter tak hanya berfungsi untuk mengukur dan menghitung total volume fluida. Akantetapi berfungsi juga sebagai kontrol aliran. Hasil kontrol pengukuran ini bisa berupa recorders, hasil kerja plc, penyimpanan data logger ke komputer maupun Android.

Pilihlah Flow Meter sesuai Jenis Cairan yang Diukur

Flow meter memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan jenis cairan yang diukur. Jenis flow meter yang digunakan untuk mengukur limbah air sungai dengan limbah tambah tentu berbeda. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membeli alat ukur laju cairan ini, tentukan dulu jenis cairan yang ingin Anda ukur. Hal ini juga bertujuan untuk menentukan bahan flow meter itu sendiri.

Beli Flow Meter di Tempat Terpercaya
Membeli flow meter sama seperti menginvestasikan uang Anda pada sebuah barang. Alat ukur ini bukanlah alat ukur yang murah, sehingga Anda perlu berhati-hati jika ingin membeli flow meter. Pilih tempat atau toko kepercayaan Anda dan lihat kualitas barang yang dijual. Jangan sampai salah membeli dan mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Nah, itulah beberapa informasi penting tentang flow meter sebagai alat ukur laju cairan. Gunakan flow meter sesuai dengan kegunaan dan jenis cairan yang akan diukur.
Artikel Flow Meter adalah
< Kembali
Other Information Footer Contact Information bg footer
Other Information Footer Contact Information download 4
PT. Ferindo Energi Instrumen
Ruko Mutiara Taman Palem Blok B8 no 7
Jalan Kamal Outer Ring Road, Cengkareng, Jakarta Barat

0812-1222-0999

ferindoenergi@gmail.com

Copyright © 2018 - PT. Ferindo Energi Instrumen All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
Switch to Desktop Version