logo
Artikel Perbandingan Flow Meter Tokico vs Flow Meter LC vs Flow Meter FC Flow Controls perbandingan flow meter tokico vs lc vs flow controls

Artikel

Artikel Kami

Disini anda bisa mendapatkan perkembangan, informasi maupun berita-berita baru sekitar flow meter dan flow meter air (meteran air)
Perbandingan Flow Meter Tokico vs Flow Meter LC vs Flow Meter FC (Flow Controls)

Perbandingan Flow Meter Tokico vs Flow Meter LC vs Flow Meter FC (Flow Controls)

Untuk yang berprofesi di pertambangan, fueling, chemical, minyak, solar dan bahan bakar apapun pasti pernah dengar dengan sebuah alat berat yang disebut "Flow Meter".

Di Indonesia, merek yang paling terkenal adalah Flow Meter Tokico, Flow Meter LC dan Flow Meter FC (Flow Controls). Semua flow meter ini memiliki persamaan yakni mengadopsi sistem (Positive Displacement Flow Meter), tapi apa sih yang beda diantara semua flow meter diatas? Yuk Simak.

1. Flow Meter Tokico
Merek ini berasal dari Jepang. Kepala counter berbentuk bulat dengan berat yang relatif ringan dibanding dengan flow meter merk lainnya seperti LC ataupun FC. Flow meter ini sudah mulai diproduksi dari tahun 1950, maka dari itu mereknya sudah terkenal di Indonesia dari sekian lamanya. Harganya pun relatif murah ketimbang kompetitor seperti flow meter LC tapi agak lebih mahal dibanding flow meter Flow Controls.

Flow meter ini memiliki standar akurasi 0.5% yang relatif baik untuk mengukur apapun, seperti contoh ada 1,000 Liter minyak yang masuk dari tangki A ke tangki B, mungkin flow meter Tokico hanya membaca 995 Liter. Flow meter memang asalnya dipakai atau diandalkan untuk hal transparansi dan data gathering, untuk mendeteksi apakah adanya kecurangan dalam proses liquid transfer maupun itu minyak, kerosene, diesel fuel, bensin maupun avtur.

Flow meter Tokico juga di desain seramping mungkin untuk memudahkan instalasi dari point A ke B. Flow meter ini tidak memakan ruang yang besar dan beratnya juga relatif lebih ringan. Jikalau ada kebutuhan servis pun, tidak susah untuk merombak atau men-service flow meter ini karena masalah yang biasa muncul adalah masuk kotoran ke dalam rotor dikarenakan tidak ada saringan/strainer.

Untuk merek ini pun, ada perbedaan di bahan di size yang beda seperti contoh:
1. Ukuran 15-25mm (1/2 Inch sampai 1 Inch) menggunakan rotor dari resin
2. Ukuran 40-50mm (1 1/2Inch sampai 2 Inch) menggunakan rotor dari aluminum alloy
3. Ukuran 80-100mm (3 Inch sampai 4 Inch) menggunakan rotor dari cast iron

Untuk flow meter Tokico juga ada pilihan reset dan non-reset. (Reset berarti angka bisa kembali ke digit nol atau "0", kalau non-reset berarti angka tidak bisa kembali ke digit nol atau "0".) Dan ada perbedaan harga diantara keduanya.

2. Flow Meter LC
Flow meter ini berasal dari Idex Corporation, yang berbasis di Amerika. Berbeda dari flow meter Tokico, merk ini mengadopsi standar akurasi 0.2-0.3%. Flow meter ini telah mendapatkan sertifikasi (NIST) and International Weights and Measures. Dengan temperature dari -40° F (-40° C) sampai 160° F (71° C). Flow Meter LC juga memiliki beberapa tipe seperti M Series, MS Series, MSAA Series, MA Series yang akan dijelaskan dibawah nanti.

Flow meter LC adalah flow meter yang paling banyak di pakai di dunia dikarenakan akurasi yang sangat baik dan keawetan barang yang panjang. Dan sangat mudah untuk memasang aksesoris seperti (printer, saringan, air eliminator ataupun valve). Flow meter ini juga memiliki pressure loss yang sangat rendah. Cairan yang bisa di ukur beragam mulai dari refined petroleum sampai alkaline ph liquid.

Nah untuk tipe-tipe meteran LC mari kita jabarkan satu-satu:
1. M Series
Tipe yang basic, maximum pressure 150PSI dan bahan terbuat dari aluminum alloy

2. MS Series, MSAA dan MSA
Double casing untuk perlindungan extra dengan maximum pressure 300PSI. Ini memungkinkan flow meter terjaga dengan baik, pressure loss yang lebih rendah

3. MA-Series
Sangat mirip dengan tipe yang basic, tetapi kuat sampai maximum pressure 350PSI dan bisa mengukur dari temperature -40° sampai 185°F , -40° sampai 85°C.

3. Flow Meter FC (Flow Controls)
Merek Flow Meter yang sudah di patenkan oleh kami PT Ferindo Energi Instrumen. Flow meter ini diproduksi dari principle yang telah lulus test ISO dan meteran ini sudah dipakai di seluruh dunia dikarenakan sudah berstandar CE (Conformité Européenne). Memiliki spec yang sama dengan Liquid Controls, tapi flow meter ini memiliki akurasi yang sangat superior/baik yakni 0.1%, bisa mengukur cairan dari kekentalan 30SSU sampai 1,500,000 SSU dan mengukur cairan dari temperatur -40°F to 160°F .

Flow meter ini juga hadir dengan dua pilihan yakni bahan Full Stainless Steel dan aluminum alloy. Flow meter ini juga bisa diinstalasi dengan beberapa aksesories seperti Pulse Transmitter (untuk dihubungkan dengan PLC), Printer, Air Eliminator, Strainer, counter digital maupun analog juga.

Demikianlah perbedaan diantara semua flow meter diatas. Untuk harga dan rekomendasi menurut kami bisa di bandingan sebagai berikut:

1. Flow Meter FC (Flow Controls): Harga Murah, Kualitas Paling Baik dan Garansi 2 Tahun
2. Flow Meter LC (Liquid Controls): Langsung dari distributor, Harga sedikit mahal tapi kualitas sangat baik.
3. Flow Meter Tokico: Harga murah, akurasi bukan yang paling baik, tapi paling sering dipakai di Indonesia





Artikel Perbandingan Flow Meter Tokico vs Flow Meter LC vs Flow Meter FC (Flow Controls)
< Kembali
Other Information Footer Contact Information bg footer
Other Information Footer Contact Information download 4
PT. Ferindo Energi Instrumen
Ruko Mutiara Taman Palem Blok B8 no 7
Jalan Kamal Outer Ring Road, Cengkareng, Jakarta Barat

0882-1077-5661

[email protected]

Copyright © 2018 - PT. Ferindo Energi Instrumen All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
Switch to Desktop Version