logo
Artikel Ukur Penggunaan Air dengan Water Meter Amico cara menghemat air

Artikel

Artikel Kami

Disini anda bisa mendapatkan perkembangan, informasi maupun berita-berita baru sekitar flow meter dan flow meter air (meteran air)
Ukur Penggunaan Air dengan Water Meter Amico

Ukur Penggunaan Air dengan Water Meter Amico

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari penggunaan air. Hampir sebagian aktivitas rumah tangga yang kita lakukan membutuhkan air. Mulai dari minum, mandi, memasak, mencuci, dan sebagainya. Tak hanya itu saja, beberapa pekerjaan juga membutuhkan air, salah satunya pekerjaan bangunan. Air menjadi elemen kehidupan yang sangat penting dan digunakan dalam berbagai hal. Penggunaan air untuk pemenuhan kebutuhan tersebut dapat diukur oleh suatu alat yang disebut sebagai water meter, seperti water meter amico.

Ukur Penggunaan Air dengan Water Meter Amico
Dengan menggunakan water meter amico, Anda bisa mengetahui penggunaan air untuk berbagai keperluan. Dengan demikian, Anda juga bisa mengontrol penghematan air, ketika hasil pengukuran menunjukkan bahwa Anda telah menggunakan banyak air dalam waktu tertentu. Air merupakan salah satu sumber kehidupan, oleh sebab itu gunakan air sebaik-baiknya. Kontrol penggunaan air, jika bisa menghemat hematlah dalam penggunaan air bersih agar tidak cepat habis. Selain itu, berhemat dalam penggunaan air juga bisa mengurangi pengeluaran tagihan bulanan membayar konsumsi air.

Tips Menghemat Air
Anda bisa menghemat penggunaan air untuk kebutuhan sehari-hari, caranya sebagai berikut:

1. Pantau Penggunaan Air
Pantaulah penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Anda sedang mengisi bak mandi, jangan biarkan air terus mengalir padahal bak mandi sudah terisi penuh. Matikan kran air jika bak mandi atau tempat penampungan air sudah terisi penuh, sehingga air tidak terbuang sia-sia.

2. Mengurangi Siraman
Hematlah penggunaan air untuk menyirami tanaman. Jangan sirami tanaman setiap hari. Anda juga bisa memanfaatkan air hujan untuk menyirami tanaman.Tampung air hujan untuk menyirami tanaman yang tidak terkena air hujan secara langsung. Jika sedang tidak musim hujan, maka gunakan air bersih secukupnya untuk menyirami tanaman.

3. Perbaiki Kebocoran Pipa atau Selang
Coba cek kembali apakah pipa atau selang air dalam keadaan baik-baik saja? Jika ternyata ditemukan kebocoran pipa atau selang, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru. Pipa yang bocor akan membuang-buang air bersih yang sedang mengalir. Hal ini menjadi salah satu penyebab boros air bersih karena terbuang sia-sia.

4. Batasi Penggunaan Air untuk Mandi
Anda bisa menerapkan mandi dengan menggunakan gayung untuk menghemat penggunaan air daripada menggunakan shower yang akan membuat air terus mengalir. Jangan berlama-lama bermain air di kamar mandi yang akhirnya hanya membuat banyak air bersih terbuang sia-sia, padahal Anda sudah selesai mandi.

5. Gunakan Kembali Air Bekas Cucian
Cara selanjutnya untuk menghemat air adalah menggunakan kembali air bekas pemakaian untuk kebutuhan lain. Sebagai contoh, menggunakan air bekas mencuci piring untuk menyiram tanaman, membersihkan garasi, dan sebagainya. Selama air bekas masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain, maka gunakan sebaik-baiknya.

6. Menggunakan Penampung Air untuk Mencuci Kendaraan
Nah, jika Anda salah satu orang yang sering mencuci kendaraan sendiri di rumah, Anda bisa menghemat penggunaan air dengan menggunakan air dalam tampungan. Menggunakan air satu baskom untuk mencuci motor akan lebih hemat, daripada Anda menyemprotkan air secara langsung dari kran air. Dengan menggunakan air dalam tampungan baskom, Anda akan lebih memanfaatkan air yang ada untuk membersihkan kendaraan Anda.

Demikianlah, tips menghemat air yang bisa Anda terapkan di rumah. Jangan lupa pantau penggunaan air dengan menggunakan Water Meter Amico sehingga Anda bisa mengontrol penggunaan air untuk kehidupan sehari-hari.
Artikel Ukur Penggunaan Air dengan Water Meter Amico
< Kembali
Other Information Footer Contact Information bg footer
Other Information Footer Contact Information download 4
PT. Ferindo Energi Instrumen
Ruko Mutiara Taman Palem Blok B8 no 7
Jalan Kamal Outer Ring Road, Cengkareng, Jakarta Barat

0882-1077-5661

[email protected]

Copyright © 2018 - PT. Ferindo Energi Instrumen All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
Switch to Desktop Version