logo
search
X
Artikel Tips-Tips Untuk Memilih Flow Meter yang sesuai kebutuhan tips untuk memilih flow meter

Artikel

Artikel

Tips-Tips Untuk Memilih Flow Meter yang sesuai kebutuhan

Tips-Tips Untuk Memilih Flow Meter yang sesuai kebutuhan

Flow meter adalah sebuah alat yang dipakai untuk mengetahui adanya aliran material atau bahan cair maupun gas. Dalam suatu aliran material, kecepatan aliran (flow rate) dan total massa (volume) dari material tersebut mengalir dalam jangka waktu tertentu. Jumlah aliran tersebut disebut sebagai totalizer. Untuk mengetahui berapa besar aliran zat cair pada suatu alat, Anda bisa membeli flow meter sebagai alat pengukurnya. Kini banyak toko yang menjual alat-alat pengukur aliran cairan, misalnya flow meter.

Tips Memilih Flow Meter Berkualitas
Sebelum Anda membeli flow meter, simak dulu beberapa tips membeli flow meter yang berkualitas, agar Anda tidak salah membeli. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan meteran ini di tempat jual flow meter, diantaranya yaitu:

1. Ketahuilah bahwa hasil pengukuran yang dilakukan menggunakan flow meter bisa berupa flow rate maupun total volume fluida mengalir.

2. Tentukan jenis kebersihan dan kekotoran fluida yang mengalir. Misalnya, banyak tidaknya zat kotor yang mengalir. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengukur lumpur, maka ketahui karakteristik lumpur tersebut, apakah banyak zat kotor atau lebih banyak air bersihnya.

3. Ketahuilah model terbaru flow meter dengan teknologi yang canggih. Tak hanya digunakan untuk mengukur total volume atau zat yang mengalir, akan tetapi dapat pula digunakan sebagai alat kontrol yang dapat tersambung ke komputer atau smartphone. Sehingga akan lebih mudah mengirimkan data hasil perhitungan.

4. Pilihlah jenis flow meter yang moveable sehingga mudah dipindah dan digunakan untuk hal lain. Seperti yang biasa digunakan oleh inspektor atau QC misalnya jenis portable contohnya: Ultrasonic Flow Meter.

5. Plihlah body atau meterial pembuat flow meter yang terbuat dari Stainless Steel, Carbon Steel, Aluminium, PVC, Brass dan sebagainya tergantung jenis fluida yang ingin diukur.

6. Pertimbangkan perlu atau tidaknya sistem kedap air pada converter atau indicator flow meter.

7. Pilih material berdasarkan penggunaannya, misalnya untuk mengukur jenis bahan kimia dan makanan pada perusahaan obat, makanan, maupun minuman. Sehingga flow meter yang Anda pilih tahan terhadap bahan-bahan kimia tersebut.
Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih flow meter untuk kebutuhan menganalisis laju dan jumlah fluida yang mengalir.

Cara Kerja Flow meter
Untuk melihat seberapa banyak air atau fluida yang digunakan, Anda bisa melihat dan membaca angka pada meteran air ini. Skala tersebut akan diakumulasikan setiap akhir bulan dalam bentuk rupiah. Sehingga Anda bisa melihat besarnya pengeluaran yang harus Anda bayarnya sebagai tagihan bulanan. Dengan mengetahui secara pasti data penggunaan air, Anda bisa mengontrol setiap penggunaan air untuk bulan selanjutnya.

Hal tersebut dapat menekan biaya penggunaan air yang telah disesuaikan dengan kebutuhan. Data yang dihasilkan oleh flow meter adalah akurat, selama alat ini berfungsi dengan baik atau tidak mengalami kerusakan.Sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang hasil pengukuran yang dihasilkan.

Beli Flow Meter Berkualitas
Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, kini Anda bisa mengunjungi penjual flow meter untuk membeli alat ini. Kunjungi toko-toko yang memang jual flow meter berkualitas. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman-teman Anda tempat jual flow meter terbaik.

Demikianlah ulasan tentang tips memilih flow meter yang berkualitas di tempat jual flow meter. Jangan lupa belilah alat ini sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.
Artikel Tips-Tips Untuk Memilih Flow Meter yang sesuai kebutuhan

Latest Artikel

Perbandingan Flow Meter Tokico dengan Flow Meter Solar FCPerbandingan Flow Meter Tokico dengan Flow Meter Solar FC
Flow meter Tokico adalah flow meter yang paling laris di Indonesia, tapi apakah kalian tahu kalau ada kompetitor dengan merk dan kualitas yang lebih baik?
Berbagai Tipe Flow Meter Solar dan Perbedaannya
Banyak merek flow meter solar yang beredar di Indonesia. Namun apa sih perbedaan diantara beberapa flow meter solar ternama seperti flow meter fill rite, ogm ataupun flow controls? Yuk mari cek disini!
Perbandingan Flow Meter Tokico vs Flow Meter LC vs Flow Meter FC (Flow Controls)
Ketiga merk flow meter diatas adalah flow meter dengan merk terbaik di Indonesia. Flow Meter Tokico, Flow Meter Liquid Controls dan Flow Meter Flow Controls semua adalah tipe positive displacement, tapi apa sih yang membedakan mereka? Yuk cek disini!